Profile

Join date: Oct 25, 2022

About

10 Candi Hindu-Buddha di Indonesia, Warisan Riwayat Penting


Saat belajar riwayat Indonesia, Toppers tentunya tahu jika Indonesia pernah mempunyai periode di mana beberapa wilayahnya terkuasai oleh kerajaan beragama Hindu atau Buddha. Hasilnya, kerajaan-kerajaan itu tinggalkan bukti kehadiran mereka dalam bermacam-macam. Salah satunya dari bukti itu ialah beberapa candi yang menyebar di beberapa wilayah di Indonesia.


Sekadar informasi untuk Toppers, di periode lalu, candi sebagai bangunan yang dibuat dari batu dan digunakan sebagai tempat penyembahan dan area untuk menyimpan abu mayat raja atau pendeta Hindu-Buddha. Tentu saja candi bukan hanya diketemukan di Pulau Jawa saja, tetapi di Pulau Bali sampai Pulau Sumatra.


Nach, bicara candi, dalam pemikiran kita kemungkinan cuma tebersit Candi Borobudur atau Candi Prambanan saja. Walau sebenarnya, Indonesia punyai banyak candi-candi Hindu-Buddha yang lain yang tentu saja tidak kalah memikat buat didalami. Dari candi-candi ini, kita bisa jadi pelajari riwayat baru mengenai periode Hindu-Buddha yang sedikit orang kenali, lho. Ingin tahu, kan? Yok baca lis dari Celebes candi Hindu-Buddha di Indonesia di bawah ini.


Candi Hindu di Indonesia:


1. Candi Asu Sengi - Magelang, Jawa tengah

Candi Asu Sengi berada di Desa Candi Pos, Dusun Sengi, Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang dan ada di lereng Gunung Merapi samping barat di pinggiran Sungai Tlingsin Pabelan.


Nama candi ini sebetulnya diberi oleh warga di tempat pertama kalinya diketemukan. Ini disebabkan karena arca Lembu Nandhi yang penampilannya telah hancur dan justru lebih serupa anjing (asu - anjing dengan bahasa Jawa). Rekondisi bangunan candi ini sendiri belum juga usai karena sempat berlangsungnya erupsi Gunung Merapi. Di Candi Asu Sengi, selainnya Toppers dapat nikmati panorama candi yang memikat, Toppers bisa juga melihat upacara tradisi yang dikerjakan oleh warga di tempat.


2. Candi Umbul - Magelang, Jawa tengah

Candi Umbul berada di Desa Candi Umbul, Dusun Kartoharjo, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang. Candi ini sebagai warisan Kerajaan Mataram Hindu pada dinasti Syailendra. Bukan hanya tawarkan situasi yang sejuk dan panorama sawah yang cantik, Candi Umbul mempunyai dua kolam memiliki ukuran besar dan kecil yang dapat digunakan pengunjung untuk merendam.


3. Candi Klero - Semarang, Jawa tengah

Candi Klero sebagai salah satunya candi bercorak Hindu yang berada di Ngentak Lor, Klero, Kecamatan Tengaran, Kabupaten Semarang. Candi ini berada lumayan strategis, yakni di Jalan Raya Salatiga-Solo dan tidak jauh dari Pasar Tengaran. Meskipun begitu, candi ini masih termasuk jarang-jarang didatangi.


Meskipun begitu, Candi Klero masih dirawat dan terbangun secara baik, dan ukuran candi yang relatif kecil tidak membuat pengunjung berasa kecapekan saat mencarinya.


4. Candi Pringapus - Temanggung, Jawa tengah

Candi Pringapus sebagai salah satunya tujuan rekreasi riwayat yang berada di wilayah Temanggung, Jawa tengah. Candi ini menjadi spot photo karena lingkungan disekitaran candi yang elok dan terurus.


Pada jam-jam tertentu, Toppers dapat menyaksikan panorama gunung dari Candi Pringapus. Tidak itu saja, masyarakat sekitaran kerap manfaatkan halaman muka candi untuk upacara tradisi yang bisa juga dilihat pengunjung.


5. Candi Ngempon - Semarang, Jawa tengah

Candi Ngempon atau yang disebutkan Candi Ada sebagai salah satunya candi warisan kerajaan Hindu. Konon, candi ini jadi pusat penggemblengan untuk latih beberapa orang jadi beberapa empu atau mpu.


Sayang, Candi Ngempon masih termasuk sepi pengunjung. Namun, beberapa pengunjung liburan ke Candi Ngempon untuk coba merendam di Pemandian Air Panas Petirtaan Derekan atau ambil photo di wilayah candi.


6. Candi Prambanan - Sleman, Yogyakarta

Juga dikenal bernama Candi Roro Jonggrand, kompleks Candi Prambanan ialah kompleks Candi Hindu paling besar di Indonesia yang dibuat pada era kesembilan Masehi.


Berdasar prasasti Siwagrha, dijumpai jika candi ini mulai dibuat sekitaran tahun 850 masehi oleh Rakai Pikatan, dan terus diperkembangkan dan diperlebar oleh Balitung Maha Sambu, pada periode kerajaan Medang Mataram. Dari prasasti ini dikisahkan jika Candi Prambanan dibuat sebagai persembahan ke Trimurti (tiga dewa khusus dalam Hindu), yaitu Brahma, Wisnu, dan Siwa.


Sempat terlantar dan kehilangan identitas riwayat, rakyat di tempat membuat mulai membuat legenda asal-mula dari kehadiran candi-candi di komplek ini dan lahirlah legenda rakyat Roro Jongrang.


7. Candi Dieng - Wonosobo, Jawa tengah

Ada di pegunungan Dieng, Candi Dieng sebagai Candi Hindu beraliran Siwa yang diprediksi dibuat di akhir era kedelapan sampai awalnya era kesembilan.


Mempunyai luas capai sekitaran 1.8 x 0.8 km2, kompleks Candi Dieng dipisah dalam 3 barisan dan 1 candi yang berdiri dengan sendiri yang bernama dipungut dari figur dalam cerita dalam Kitab Mahabarata, yaitu barisan Arjuna, barisan Gatotkaca, barisan Dwarawati dan Candi Bima.


8. Candi Gedong Songo - Semarang, Jawa tengah

Diketemukan oleh Raffles pada 1804, Candi Gedong Songo sebagai Candi Hindu warisan dari Wangsa Syailendra pada era kesembilan, persisnya 927 masehi. Kompleks Candi yang terdisi dari 9 Candi yang menyebar di lereng Gunung Ungaran ini ada pada ketinggian sekitaran 1200 m di permukaan laut, Seperti yang ada di Objek Wisata Makassar.


9. Candi Jago - Malang, Jawa Timur

Berdasarkan info dari kitab Negarakertagama dan Pararaton, Candi Jago mempunyai nama asli Jajaghu yang memiliki arti ‘keagungan' yang pembangunannya dilaksanakan untuk penghormatan Raja Sri Jaya Wisnuwardhana, Raja Singasari pengikut agama Syiwa Buddha, saluran peraduan di antara tuntunan Hindu dan Buddha.


Pada candi yang dibuat memakai bebatuan andesit ini, Toppers dapat mendapati relief-relief Kunjarakarna dan Pancatantra bisa dijumpai di candi ini.


10. Candi Arca Gupolo - Sleman, Yogyakarta

Tidak seperti candi-candi Hindu awalnya, Arca Gupolo sebagai situs warisan beraliran Hindu yang terbagi dalam kelompok 7 arca. Nama Gupolo sendiri diberi oleh warga sekitaran ke patung Agastya yang disebut salah satunya arca yang ada pada website ini.


Di dekat website ini ada mata air jernih yang tidak pernah kering walau musim kemarau panjang.

C
ChaytonEarth

ChaytonEarth

More actions